Selasa, 19 Oktober 2010

Seminar Internasional: “The Universal Influenza Vaccine”



Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, hari Kamis-tanggal 28 Januari 2010 di Ruang. 9311(Multimedia) telah diselenggarakan acara Seminar Tamu dari ” The Universal Influenza Vaccine”. Seminar tamu ini dihadiri oleh para Staf Dosen SITH, mahasiswa Program S1, Program S2 dan Program S3 SITH serta Mahasiswa Sekolah Farmasi, perwakilan dari PT.Biofarma dan PT.Kimia Farma.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 155 orang. Seminar tersebut disampaikan oleh Dr. Mohammed Alsharifi dari Microbiology and Infectious Diseases, Institute of Medical and Veterinary Science, Adelaide, South Australia .
Pembicara memaparkan mengenai topik The Universal Influenza Vaccine.
Influenza (flu) adalah suatu infeksi akut tabung bronkial yang disebabkan oleh virus influenza. Flu merupakan penyakit yang sangat menular. Rata-rata 5% dari penduduk dunia setiap tahunnya terinfeksi virus ini. Di Belgia, rata-rata dari 1500 orang meninggal akibat flu setiap tahun. Selain itu, kadang-kadang virus influenza ini memungkinkan terjadinya pandemik.Pandemik disebabkan oleh strain virus berbeda secara signifikan yang mengalahkan kekebalan pada tubuh manusia.
Kini, para ilmuwan telah menemukan vaksin untuk virus influenza. Vaksin ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap semua ‘A’ strain virus yang menyebabkan influenza manusia, termasuk strain pandemi. Oleh karena itu, vaksin ini tidak perlu diperbarui setiap tahun. Para peserta sangat tertarik dan antusias mendengarkan pemaparan dari pembicara.
http://www.sith.itb.ac.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar