Selasa, 01 Februari 2011

Trik Meningkatkan Motivasi Olahraga

SETENGAH jam lagi, kelas senam Anda akan dimulai. Namun, berat rasanya untuk bangun dari tempat duduk atau kasur untuk segera pergi menuju gym. Bila Anda merasa hal itu tengah terjadi, lirik beberapa trik di bawah ini supaya Anda memiliki motivasi dan semangat untuk berolahraga.

1. Bayangkan bagaimana enaknya tubuh Anda setelah berolahraga. Setiap kali Anda berniat untuk melewatkan olahraga, bayangkan enak dan nyamannya tubuh setiap kali Anda berolahraga setelah 1 jam atau 30 menit.

2. Janjian dengan kawan atau pelatih kebugaran. Jika sudah membuat janji, Anda akan sungkan mengingkarinya dan merasa wajib untuk memenuhi janji tersebut, meski saat itu merasa malas berolahraga.

3. Buat rutinitas menyenangkan setelah berolahraga sebagai hadiah bagi diri sendiri. Contohnya relaksasi di sauna, ke salon, minum kopi hangat, atau santai di rumah.

4. Jadwalkan olahraga pada pagi hari sehingga tak ada banyak godaan dan halangan yang menghambat niat sehat Anda.

5. Bawa foto atau gambar yang memotivasi. Semisal foto selebritas dengan tubuh sehat yang Anda idamkan, gambar baju yang ingin sekali Anda pakai, atau gambar pemandangan pantai yang ingin Anda datangi.

6. Daripada pulang ke rumah dan menonton acara televisi favorit Anda sambil tidur di sofa, mnegapa tidak menontonnya sembari Anda berkegiatan di treadmill. Jika di gym tak ada TV, dengarkan saja lagu-lagu kesukaan di iPod Anda.

7. Cobalah sesuatu yang baru seperti mendaftar pada kelas latihan yang belum pernah dijalani seperti bersepeda, mendaki, atau menyelam.

8. Untuk perempuan, beli pakaian olahraga yang menarik dan kenakan lip gloss. Selebritas Kelly Osbourne mengaku untuk selalu merasa lebih optimis dan cantik saat olahraga, ia berdandan terlebih dahulu. (Shine/Pri/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar