Sabtu, 12 Februari 2011

Efek Penggunaan Lip Gloss

Banyak wanita menggunakan lip gloss untuk melindungi bibir dari bahya sinar matahari. Namun, pemakaian lip gloss justru disinyalir dapat mempertajam paparan sinar matahari pada kulit bibir. Benarkah?
Penulis buku best seller “The Skin Type Solution”, Dr. Baumann, menyebutkan hal itu mungkin terjadi.

Kulit Bibir tidak memiliki kelenjar sebum yang dapat memproduksi minyak alami seperti halnya kulit pada daerah lain. Hal inilah yang menyebabkan kulit bibir menjadi lebih cepat kering. Terlebih, karena tidak adanya perlindungan kelenjar sebum tersebut, kulit bibir menjadi lebih rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari.
Alhasil, degenerasi kolagen dan elastin yang menyebabkan hilangnya elastisitas kulit bibir, meningkatkan jumlah guratan, serta meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Nah, banyak orang mengatasi kekeringan kulit bibir dengan sekadar memakai pelembab bibir, atau lip gloss dan lip balm yang tidak  mengandung SPF. Mereka tidak terlalu merisaukan kerusakan pada kulit bibir yang diakibatkan paparan sinar matahari. Padahal, penggunaan lip gloss yang memberikan efek berkilau (shiny lip glosses) dapat mengintensifkan paparan sinar matahari.

Karena itu, pemakaian lip gloss yang mengandung SPF sangat dianjurkan. Atau, pilihlah lip balm dengan sunscreen yang tidak mahal dan aplikasikan berulang pada bibir. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan lipstik atau lipgloss apapun yang Anda suka.
Namun, lebih baik lagi bila Anda menggunakan lip balm, lipgloss atau lipstik yang juga mengandung vitamin E. Selain kaya akan pelembab, vitamin E merupakan antiokasidan kuat yang dapat mengobati kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Jadi, pintar-pintarlah memakai lipgloss. 

http://www.lifestyle.dnaberita.com/

1 komentar:

  1. apakah memakai lip glos atau lp balm merupakan sesuatu yg berlebihan???

    BalasHapus