Jumat, 04 Februari 2011

Tips Agar Kulit Wajah Tetap sehat



DokterSehat.com – Sebuah penelitian mengungkapkan, sel-sel kulit 8 kali lebih cepat beregenerasi di malam hari. Itu mengapa, jangan pernah meremehkan ritual membersihkan dan merawat kulit di malam hari.
Apa sebenarnya yang terjadi ketika kita tidur di malam hari? Melvin Elson, MD., profesor klinis dermatologi dari Vanderbilt School of Nursing, menjelaskan, di malam hari kita mengalami perubahan hormon yang dapat melancarkan peredaran darah ke kulit. Ini membuat dalam waktu 8 jam, kulit kita akan ternutrisi dengan baik. Maka idealnya, di pagi hari tampilan kulit seharusnya lebih cerah. “Plus suhu kulit lebih hangat di malam hari, sehingga kemampuannya untuk melawan berbagai penyebab penuaan kulit bisa lebih optimal.”
Tapi di malam hari, kita juga biasanya lebih stres. Apalagi jika kita tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik atau bergadang semalaman. Situasi ini justru akan membuat hormon kortisol, si pengendali stres, akan memperlambat produksi kolagen selama 8 jam penuh. “Saat sel-sel kulit kekurangan kolagen, maka wajah kita akan menjadi kering dan katakan selamat datang kepada keriput,” Jytosna Sahni, MD., pakar kesehatan tidur dari Canyon Ranch, Amerika Serikat, memaparkan.
Jadi yang kita perlukan di malam hari adalah tidurlah dengan nyenyak dan dalam waktu yang cukup. Dan untuk melengkapi ritual tidur cantik kita, lakukanlah perawatan di malam hari sehingga ketika kita tengah menikmati bunga mimpi, sel-sel kulit tetap bekerja untuk mengoptimalkan penampilan.
1. Selalu bersihkan wajah sebelum tidur.
Membersihkan wajah akan membuat kulit mendapatkan 2 hal penting. Pertama, mengangkat sisa makeup dan debu yang menempel di wajah seharian penuh. Kedua, wajah yang bersih akan membuat krim malam yang kita gunakan lebih optimal bekerja. Ini artinya, berbagai bahan yang diformulasikan untuk melawan proses penuaan kulit akan bekerja hingga ke dalam sel-sel kulit.
2. Pilih krim anti-aging yang dilengkapi dengan bahan unggulan.
Apakah syarat utama dari krim anti-aging yang akan kita gunakan? Pilih yang di dalamnya terdapat retinol. Ini adalah vitamin A yang oleh kulit diubah menjadi bahan yang menjaga sel-sel kulit tetap beregenerasi. Mengapa menggunakannya di malam hari? “Sebab sebenarnya paparan sinar matahari akan mengurangi efek kerja retinoid,” Patricia Farris, MD., asisten profesor klinis dermatologi dari Tulane University School of Medicine, menjelaskan. Ingat, jangan terlalu lama menggunakan retinol sebab bisa membuat kulit iritasi. Dokter kulit biasanya akan menyarankan kita menggunakannya selama 4-8 minggu.
3. Hapus lingkar hitam mata dengan krim vitamin K.
Sebuah studi yang dilakukan pada 2003 membuktikan, respoden yang menggunakan krim bawah mata yang mengandung vitamin K dan retinol setiap malam selama 12 minggu, berhasil mengurangi lingkar hitam mata hingga 33 persen. Vitamin K juga seperti vitamin A yang sensitif terhadap sinar matahari. Itu mengapa, krim mata sebagian besar digunakan di malam hari. Coba : Murad Essential-C Eye Cream.
4. Gunakan moisturizer terbaik.
Karena di malam hari sel-sel kulit kita cenderung memiliki suhu yang lebih hangat dan kekurangan cairan, maka hidrasi pada kulit adalah situasi yang wajar di malam hari. Itu mengapa Jenny Kim, MD., PhD., asisten profesor dermatologi dari UCLA School of Medicine, menyarankan kita untuk mengaplikasikan moisturizer di malam hari. Pilihlah moisturizer atau pelembap yang mengandung superhydrators hyaluronic acid atau glycerin yang dapat mengikat air lebih lama. Dan di pagi hari, perhatikan perubahan yang terjadi pada kulit. Wajah akan menjadi lebih kenyal karena kita berhasil menyelamatkannya dari risiko kulit kering dan keriput.
5. Perhatikan posisi tidur.
Ternyata ada posisi tidur tertentu yang bisa membuat kulit wajah kita lebih cepat berkeriput. Itu mengapa Farris menyarankan kita untuk melakukan posisi tidur berikut:
• Tidurlah dengan posisi terlentang. Ini lebih baik ketimbang tengkurap atau menyamping. Tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping setiap hari akan membentuk kerutan pada wajah dan mata. Bahkan bisa menimbulkan garis yang membekas permanen di kulit. Tapi jika kita sudah terlanjur mencitai posisi tidur tengkurap atau menyamping, siasati dengan menyarungi bantal dengan bahan dari satin. Tekstur yang halus akan menyelamatkan kita dari risiko kerutan wajah.
• Usahakan posisi kepala kita lebih tinggi dari jantung. Sehingga ketika bangun, mata tidak terlihat bengkak. “Sebab cairan tidak menumpuk di sekitar wajah,” Farris menjelaskan.
• Jangan minum atau makan yang mengandung kafein seperti kopi dan cokelat, 3-5 jam sebelum tidur. Batasi juga konsumsi alkohol di malam hari. Ini semua akan membantu kita tidur lebih nyenyak. Dan jangan nyalakan televisi saat ingin tidur, karena cahaya televisi bisa membuat mata merasa harus terus terjaga.
(Siagian Priska)
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar