Jumat, 04 Februari 2011

Tips Mengecilkan Perut Anda

Memiliki tubuh yang ideal merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun seiring dengan perubahan gaya hidup, tingkat sosial ekonomi yang cenderung meningkat, tanpa disadari terjadi  perubahan pola makan ( sumber makanan rendah serat seperti trend fast food) dan aktifitas fisik yang cenderung menurun (kebiasaan jalan kaki / mengayuh sepeda digantikan naik kendaraan bermotor) malah bisa menyebabkan kenaikan berat badan lebih dari ideal.
Perut yang dulunya kencang kini menjadi gendut dan buncit, pantat dan paha bertambah melar, tentu akan mempengaruhi penampilan. Belum lagi dapat terjadi berbagai masalah kesehatan, seperti kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Nah agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, maka mulai sekarang diperlukan beberapa usaha untuk menjaga agar perut Anda kembali ideal.
Jangan dulu menggunakan obat-obatan pelangsing perut seperti iklan di televisi atau media cetak lainnya, namun mari menggunakan teknik yang alami dulu. Beberapa orang memilih melakukan sit up hingga ratusan kali setiap hari.
Namun jika hanya sit up saja belum tentu bisa membuat perut Anda ideal kembali tanpa disertai dengan diet yang benar untuk mengurangi timbunan lemak di perut.
Simak tips berikut ini, semoga dapat mengatasi permasalahan yang Anda alami.
Olahraga secara teratur
Disarankan jenis olahraga yang dilakukan adalah aerobik. Dengan berolahraga maka metabolisme dalam tubuh semakin lancar sehingga timbunan lemak yang tidak perlu, terutama di perut dapat dibuang dengan segera sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Olahraga yang disarankan antara lain aerobik, jogging, berenang.
Kurangi mengonsumsi garam
Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menambah ekstra sodium terhadap cairan tubuh yang mengakibatkan air keluar dari sel sehingga perut menjadi menggelembung.
Perbanyak mengonsumsi air minum
Mengonsumsi air minum bermanfaat untuk meningkatkan jumlah air untuk mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem. Minum lebih banyak air juga menjamin fungsi empedu efektif untuk mengeluarkan produk sampah.
Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat
Untuk merangsang isi perut, tingkatkan konsumsi serat dari buah-buahan seperti apel, pear, dan sayuran yang berwarna hijau, lakukan secara teratur untuk menghindari sembelit dan fermentasi yang dapat menghasilkan produk gas yang berlebihan.
Latihan Praktis Untuk Mengecilkan Perut


Sit-up merupakan cara pengecilan perut yang paling populer. Tapi sit-up ini lebih baik lagi kalau divariasikan dengan gerakan menyilang. Tidak hanya sekedar lurus ke atas dan ke bawah. Ketika bangun, siku kanan diarahkan ke kaki kiri, begitu juga sebaliknya secara bergantian.
Sebelum banyak berlatih ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari cidera akibat latihan yang salah.
1. Ketika sit-up jangan pernah menarik atau menekan bagian leher dan kepala.
2. Biarkan perut yang bergerak, kaki jangan ikut bergerak.
3. Tekan ke dalam bagian perut selama latihan.
Contoh latihan ringan untuk perut
1. Sit-up dasar: Berbaring dengan lutut terlipat dan kaki rata menyentuh lantai. Letakan tangan di belakang kepala. Dengan menggunakan otot perut, bahu diangkat. Kembali ke posisi semula dan ulangi 10-12 kali.
2. Berlatih dengan handuk. Berdiri tegak pegang sebuah handuk kecil di atas kepala. Kencangkan perut dan bentuk gerakan melingkar besar dengan handuk, ulangi 8-10 kali dan putar ke arah sebaliknya.
3. Latihan dengan bola. Duduk diatas bola kemudian gerakan kaki sehingga bola menggelinding perlahan ke punggung. Jika badan sudah paralel dengan lantai letakkan tangan ke belakang kepala. Kemudian dengan menggunakan otot perut angkat bahu kanan menuju arah pinggul kiri. Kembali ke posisi paralel dan ulangi sisi sebaliknya.

http://nursingbegin.com/ 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar