Sabtu, 05 Februari 2011

Pertolongan Pertama Jika Tersedak

Tersedak adalah masuknya benda asing ke dalam tengorokan jalur udara untuk bernafas. Benda asing tersebut biasanya makanan atau benda-benda mainan yang dimasukkan ke dalam mulut. Kejadian ini sangat berbahaya karena otak hanya mempunyai waktu tidak lebih dari 3 menit untuk bertahan tanpa oksigen, sehingga jika mengalami tersedak ada beberapa tanda-tanda yakni terbatuk-batuk, mengeluarkan suara aneh, korban memegang tenggorokan dengan kedua tangan, mata melotot wajah tampak pucat biru keabu-abuan, tidak bisa bicara, tidak bisa bernafas, dan hilang kesadaran atau kejang-kejang.
Apa yang dilakukan :
A.      Jika yang tersedak bayi
- Teriak minta pertolongan
-  Posisikan bayi tengkurap dengan posisi kepala lebih rendah dari tubuhnya  diatas paha & lutut penolong, tahan dagu bayi menggunakan tangan kiri, arahkan telapak tangan kanan penolong ke punggung bayi, tepuk punggung bayi keras sebanyak 5 kali, hentikan jika bayi menangis atau benda yang menyumbat keluar.
-  Jika jalan nafas tetap tersumbat, balik posisi bayi menjadi terlentang menghadap penolong, posisikan kepala bayi tetap lebih rendah dari badannya. Gunakan jari tengah dan jari manis tangan kanan penolong untuk menekan perut tengah dibawah tulang rusuk dengan keras sebanyak 5 kali, ulangi sampai benda keluar atau jalan nafas longgar
-  Jika bayi belum bernafas, bersihkan mulut bayi menggunakan jari tangan, letakkan bayi diatas meja, dorong  dagu bayi keatas, buka mulutnya dan berikan pernapasan buatan. Berikan pernapasan dari mulut penolong ke hidung dan mulut bayi sebanyak 2 kali hembusan, hembuskan sekeras mungkin sampai dada mengembang
-  Jika dada tetap tidak dapat mengembang, buat pernafasan buatan sampai penolong datang/tempat perpotongan, Hembuskan nafas buatan ke hidung dan mulut bayi sebanyak 2 kali kemudian tekan dada bayi menggunakan jari tangan, ulangi langkah ini sampai bayi bernafas atau penolong datang.
B.  Jika yang tersedak anak atau dewasa
-  Teriak minta tolong atau bantuan jika melihat korban sendirian
-  Pastikan terlebih dahulu korban itu tersedak, tanya apakah anda baik-baik saja? Jika bisa menjawab berarti tidak ada masalah dengan tenggorokannya
-  Cara yang paling sesuai untuk menolong adalah dengan manuver  Heimlich, yaki dengan cara :
1.Berdiri di belakang orang yang tersedak. Lingkarkan kedua tangan Anda di pinggangnya. Bungkukkan /condongkan korban sedikit ke depan.
2.Kaitkan tangan satu dengan yang lain, Kepalkan salah satu tangan penolong dan taruh di bagian atas pusar korban.
3. Genggam erat kepalan itu dengan tangan lain dan tekan kuat-kuat ke arah perut dengan cepat ke atas, seolah-olah ingin mengangkatnya dari lantai. Tindakan ini akan mengangkat diafragma, menekan paru-paru, dan memaksa udara keluar dari paru-paru.
4. Ulangi tindakan ini sampai makanan atau sumbatan lainnya keluar.

-  Jika korban tidak sadar, tidurkan korban ditempat yang datar, periksa mulut korban, angkat dagu dan tarik lidah kedepan. Lihat di pangkal lidah apakah ada benda asing yang menyumbat, coba ambil benda tersebut dengan jari telunjuk dari samping ke depan jika benda asing itu terlihat. Jangan sekali-kali mencoba mengambil benda asing jika benda tersebut tidak terlihat karena benda tersebut akan masuk lebih dalam lagi.
-  Lihat,raba dan rasakan apakah korban sudah bisa bernafas, pastikan telinga penolong ke arah murut korban,dan mata penolong melihat dada korban, jika ada pergerakan dada maka korban sudah bisa bernafas.
-  Jika korban sudah bisa bernafas tetapi masih belum sadar, berikan pertolongan pertama bagi korban pingsan.
C.       JIKA YANG TERSEDAK ANDA SENDIRI
-  Jika anda masih bisa bicara maka berteriakla minta tolong
-  Jika anda tidak bisa bicara cari cara untuk menarik perhatian orang lain agar mau menolong anda
- Sambil mendapatkan pertolongan, buat kepalan kedua tangan anda di depan perut, taruh diatas pusar seperti orang sholat tapi siku anda mengarah dari luar ke dalam, tekan perut keras-keras kearah atas / tulang dada. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai napas anda lega
- Jika dengan cara tesebut tidak memungkinkan ada alternatif lain, cari kursi yang mempunyai sandaran, atau benda lain yang mempunyai pinggir keras, taru sandaran kursi itu di perut anda diatas pusar, dorong tubuh anda kearah sandaran kursi sehingga perut tertekan, dorong tubuh anda berkali-kali sampai pernafasan anda lega.
- Jika Anda bisa melihat benda yang menyumbat dan bisa diambil dari jari tangan lakukan, jika benda tersebut tidak terlihat jangan lakukan karena benda tersebut akan terdarong kedalam lebih masuk lagi.
- Jika anda berhasil membebaskan jalan nafas anda, cari pertolongan ke dokter terdekat atau fasilitas instalasi gawat darurat di rumah sakit terdekat untuk diberikan perawatan lebih lanjut.


http://www.klinikita.co.id/ 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar