Jumat, 06 Mei 2011

Berjuta Manfaat Buah Berry

Kita tentunya sudah tak aneh lagi dengan yang namanya berry. Buah dengan jenis yang beraneka ragam ini dapat ditemukan dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau oleh hampir semua kalangan. Buah Berry ini mengandung banyak vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan kandungan gizi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut beberapa jenis buah berry yang ada di dunia dan berjuta manfaatnya bagi kesehatan.

1. Blackberry

 Blackberry mengandung Ellagic Acid yang mampu menjaga tubuh dari kanker dan berbagai macam penyakit lainnya. Tidak hanya itu, Blackberry juga kaya akan Vitamin C dan E, Potasium, Antioksidan dan juga serat.
Untuk mendapatkan buah Blackberry yang segar cukup susah karena sifatnya yang mudah rusak. Di dalam lemari pendingin (freezer) Blackberry hanya mampu bertahan selama sebulan. Blackberry paling banyak dijumpai pada selai dan dalam roti atau kue.



2. Strawberry

1. Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol.
2. Strawberry dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut.
3. Strawberry dapat meredam gejala stroke.
4. Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang.
5. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses
penuaan).
6. Strawberry yang kaya vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.
7. Strawberry yang hanya sedikit mengandung gula juga cocok untuk diet bagi pengidap diabetes.
8. Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput!
9. Strawberry dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi.
10. Strawberry ampuh melawan encok dan radang sendi.
11. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent.
Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari, dapat efektif menghentikan serangan diare.
12. Kebutuhan vitamin C orang dewasa perharinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). Kebutuhan serat juga sekaligus bias terpenuhi.

3.Raspberry

Raspberry adalah tanaman semak yang dapat tumbuh di berbagai area di dunia. Nama keluarga tanaman ini adalah Rubus. Jenis Raspberry yang dibudidayakan secara komersial adalah yang buahnya berwarna merah (Rubus strigosus) dan hitam (Rubus occidentalis). Untuk menghasilkan rasa yang baru maka tanaman Raspberry disilangkan dengan tanaman Blackberry dan diberi nama Tayberry. Buah Raspberry yang matang berwarna merah, hitam, ungu atau kuning keemasan sepenuhnya tergantung jenisnya dan rasanya manis. Berbeda dengan berry lainnya, buah Raspberry memiliki rongga di tengah setelah diambil tangkainya dengan berat sekitar 4 g/buah. Pemanfaatan Raspberry adalah untuk selai, buah segar dan jus. Selain itu Raspberry juga banyak mengandung Vitamin C, polyphenol antioxidant serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.
 
4. Billberry



Bilberry yang bernama latin Vaccinium sp., banyak tumbuh liar pada tanah lembab dan sedikit asam di daerah subtropis yang terletak di 23,5° - 66,6° LU utamanya seperti di Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Skandinavia, Polandia, Austria, Swiss, dan Russia. Bilberry berwarna biru tua kehitaman dengan daging buah merah atau ungu berasa manis. Umumnya diameter Bilberry 5 – 8 mm. Sebagai tumbuhan liar, maka setiap orang dapat memetik Bilberry untuk keperluan dimakan langsung ataupun dibuat selai, kue, atau jus. Selain itu, Bilberry yang kaya akan kandungan pigmen anthocyanin sudah diteliti untuk tujuan pengobatan seperti pengobatan mata, jantung dan bahkan kanker.


5. Goji Berr (Wolf Berry)

Goji berry merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan asam amino.Buah ini memiliki kandungan 18 asam amino, 21 mineral, serta beberapa vitamin.
Goji berry mengandung enam kali lebih banyak asam amino daripada bee pollen dan 500 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk.

Kandungan zat besi dalam Goji berry lebih banyak dari bayam, dan kandungan beta karotennya lebih banyak dari wortel.
Goji berry mengandung mineral seperti Kalsium dan Magnesium, dan Vitamin B1, B2, B6 dan Vitamin E. Kandungan tersebut biasanya ditemukan pada biji-bijian dan jarang pada buah-buahan.
Selain itu, buah ini banyak mengandung senyawa kompleks dan fitonutrien. Goji berry memiliki kandungan protein yang tinggi, 13% dari buah ini adalah protein, lebih tinggi dari protein pada gandum.
Kandungan antioksidan dalam Goji berry berfungsi menangkal dan memerangi radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak sel dan DNA, meningkatkan resiko kanker, serta mempercepat proses penuaan.
Selain itu, Goji berry mengandung Beta-sitosterol, Betain, dan asam lemak esensial.


 6. Elderberry

Elderberry kaya akan kandungan antioksidan dan juga senyawa anti-virus serta senyawa yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Elderberry juga mengandung anthocyanin yang berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada zaman kuno elderberry digunakan untuk tujuan pengobatan seperti radang sendi, pilek dan flu.
Elderberries harus dimasak terlebih dahulu sebelum dapat dikonsumsi. Mereka memiliki tingkat toksisitas ringan yang akan menyebabkan penyakit jika dimakan mentah, tetapi toksisitas yang hancur ketika dimasak. Karenanya elderberry digunakan untuk membuat selai dan jeli dan anggur (minuman).

7. Mulberry

Mulberry merupakan tanaman pohon yang berbeda dari berry kebanyakan yang merupakan tanaman semak. Tinggi pohon Mulberry sekitar 10-15 meter dan hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika. Mulberry atau yang dikenal juga dengan nama Murbai adalah tanaman dari keluarga Moraceae berjenis Morus. Beberapa jenis Mulberry adalah Morus alba di daerah Asia Timur, Morus mesozygia di Afrika Selatan dan Tengah, Morus rubra di Amerika Utara, serta Morus insignis di Amerika Selatan. Buah Mulberry merupakan buah jamak yang bergerombol dengan panjang 2 – 3 cm berwarna ungu tua hingga hitam saat masak serta berasa manis. Mulberry sudah banyak dibudidayakan tidak hanya untuk diambil buahnya sebagai selai, minuman dan bahan kue tetapi juga daunnya sebagai makanan ulat sutra (Bombyx mori). Kandungan anthocyanin dalam Mulberry ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan dengan fungsi sebagai antioxidant.

8. Lingonberry


Lingonberry yang berasal dari kata Swedia : Lingon adalah tanaman dari jenis Vaccinium vitis-idaea yang mempunyai beberapa nama lain yaitu Cowberry, Foxberry dan Redberry. Tumbuhan ini hidup pada tanah berjenis asam dan lembab di daerah boreal belahan bumi utara yaitu Eropa terutama populer di Swedia dan Amerika Utara yang beriklim subartik. Tanaman ini belum dibudidayakan jadi masih dipandang sebagai tanaman liar sehingga buahnya dapat dipetik orang banyak. Rasa buah Lingoberry umumnya asam sehingga perlu dimasak dan diberi gula agar rasanya manis dalam bentuk selai, jus atau sirup. Buah Lingoberry mengandung banyak asam organik serta beberapa vitamin seperti Vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin B (B1, B2 , dan B3).

9. Blueberry

Di dalam buah Blueberry terdapat zat bernama Anthocyanosides yang menurut penelitian merupakan antioksidan terkuat yang pernah ditemukan hingga saat ini. Blueberry juga kaya akan vitamin C dan E dan Magnesium.
Blueberry merupakan salah satu jenis berry yang memppunyai rasa paling manis. Buah ini sering kali dimakan saat masih berupa buah segar. Namun demikian, di Indonesia buah ini masih tergolong susah untuk ditemukan. Saat ini paling banyak ditemukan dalam bentuk selai blueberry atau toping kue.


10. Dewberry

Dewberry merupakan tumbuhan yang berkeluarga dekat dengan Blackberry dan Raspberry. Tumbuhan ini banyak dijumpai di bumi belahan utara dan nama latin keluarganya adalah Rubus, sedangkan Eubatus dipakai sebagai nama sub keluarga. Buah Dewberry mirip dengan Raspberry yaitu bulat kecil bergerombol dengan diameter antara 15 – 20 mm, hanya warnanya bukannya merah tetapi ungu kehitaman. Berbeda dengan Blackberry yang dapat tumbuh menjalar tegak, Dewberry tumbuh menjalar di permukaan tanah karena tidak memiliki dahan yang kuat untuk posisi vertikal menahan berat tumbuhan. Buah Dewberry rasanya manis, sering dibuat selai dan daunnya juga dapat digunakan menjadi teh. Dewberry belum dibudidayakan sehingga masih dianggap sebagai tumbuhan liar yang buahnya dapat dipetik siapa saja.

11. Huckleberry

Huckleberry adalah nama yang populer di Amerika Serikat khususnya di negara bagian Idaho untuk tumbuhan yang juga termasuk keluarga Vaccinium atau keluarga Gaylussacia. Tanaman ini tumbuh baik di tanah keasaman dan lembab. Buah tanaman Huckleberry umumnya dapat dimakan, berdiameter sekitar 5 mm dan bergerombol rata-rata 10 buah pada satu tangkai. Warna buah berbeda sesuai jenis tanamannya berkisar dari merah cerah, ungu tua hingga biru. Rasa buah Huckleberry beragam mulai dari asam hingga manis dengan flavor seperti Blueberry terutama varietas yang buahnya berwarna biru atau ungu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar