Rabu, 06 April 2011

Keberkahan di sisa Waktu

dulu, selalu, aku ingin orang di sekitarku menyapa
mengucap selamat atas bertambahnya umurku


kini, setelah aku memahami ilmu-Nya
aku mengerti
aku mungkin tetap ingin kalimat itu terucap untukku
aku ingin mereka memperhatikan aku
namun itu bukanlah yang aku butuhkan
aku butuh semangat, doa, dan perhatian

semangat untuk menjadi lebih baik
doa agar aku mejadi serba lebih baik
dan perhatian yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan keyakinanku

namun
tapi rasa semangat itu tak bisa muncul kecuali didorong oleh diriku sendiri
doaku pun tentunya yang lebih Allah harapkan untuk selalu ku mohonkan pada-Nya
dan perhatian pun, sesungguhnya yang aku butuhkan adalah perhatian dari-Nya

aku tahu
aku pun sadar
telah begitu banyak patunjuk dari-Nya
namun aku tak luput dari rasa keangkuhan
aku tak luput dari alpa dan hina
dan itulah aku
mungkin aku adalah orang fasik
atau mungkin munafik
dan aku tak akan menafikan itu
bisa jadi itu lah kebenarannya
itulah yang harus aku terima bahwa aku tak sebaik-baik hamba-Nya

dan kini
umurku bertambah
usiaku di dunia fana ini berkurang
aku bersyukur masih di berikan kesempatan untuk memperbaiki semua kesalahanku
aku bersyukur karena begitu banyak orang disekitarku yang menyayangiku
sedang aku yang mengaku menyayangi diri sendiri, nyatanya tak demikian

aku sering menzhalimi diri sendiri
baik secara sadar ataupun tidak

kini
ku coba untuk membuka hati
membuka pikiran
aku harus sadar bahwa aku telah dewasa
bukan lagi remaja tanggung yang masih tak tahu arah hidupnya
aku harus sadar untuk menghadapi kehidupan dunia yang sesungguhnya
aku harus memahami apa hakikat kehidupan
aku harus bisa memahami apa yang aku butuhkan dan apa yang harus aku berikan
aku harus mampu mengendalikan semuanya
aku harus bisa memanfaatkan usia yang tersisa agar penuh keberkahan
aku harus banyak belajar
masih banyak ilmu yang tak aku pahami
masih banyak pengalaman hidup yang harus aku pelajari
yang mungkin nantinya akan aku hadapi sebagai perjalanan hidup

ya , aku harus berubah
jangan pernah menunggu hari esok untuk melakukan perbaikan
lakukan mulai saat ini
karena barangkali aku tak punya lagi usia di esok hari


“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (QS Ar-Ra'd:11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar