Sabtu, 16 April 2011

Cintailah Dia Lillahi ta'ala

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, وصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد

Subhanallah, wa alhamdulillah, wa laailaahaillallah, wa allahuakbar.
Semua hal yang ada di dunia ini, Allah telah menciptakannya berpasangan.
Adanya siang dan malam, materi dan anti-materi, lelaki dan wanita, dan masih banyak lagi.
Hal ini sesuai dengan firman Allah subhanahuwata'ala:

سُبْحَانَ الَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ وَمِنْ أَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ

"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." (QS Yaasiin : 36)


Sungguh Allah Mahakuasa. Ia menciptakan segala sesuatunya secara berpasangan dan tentunya dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Di zaman sekarang ini, tidak sedikit pembinaan rumah tangga yang tidak harmonis. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan ketidakharmonisan dalam rumah tangga yaitu tidak adanya rasa cinta baik diantara keduanya maupun pada salah satu pihak, sang suami maupun sang istri. Padahal rasa cinta antara suami istri itu sangatlah penting untuk dapat membina kerukunan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Penyebab tidak adanya rasa cinta satu sama lain tersebut bisa jadi disebabkan oleh pernikahan yang dilakukan karena tuntutan atau paksaan orang tua sehingga sang calon istri dan atau calon suami tidak mencintai pasangan mereka setulusnya.
Jikapun benar adanya, alasan itu tidak sepenuhnya dapat dijadikan pembenaran mutlak. Islam telah mengajarkan umat-Nya untuk dapat saling mencintai dan menyayangi karena Allah.

Hadist dari Abu Hurairah yang telah disepakati al-Bukhary & Muslim
Rasulullaah Shalallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Ada 7 golongan yang akan dinaungi Allah di bawah naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya,yaitu…
[1]Pemimpin yang adil
[2]Pemuda yang senantiasa beribadah kepada Allah semasa hidupnya
[3]Seseorang yang hatinya senantiasa terpaut dengan Masjid
[4]Dua orang yang saling mencintai karena Allah, keduanya berkumpul & berpisah karena Allah
[5]Seorang lelaki yang diajak oleh seorang perempuan cantik & berkedudukan untuk berzina tetapi dia berkata, "Aku takut kepada Allah"
[6]Seorang yang memberi sedekah tetapi dia merahasiakannya seolah-olah tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya
[7]Seseorang yang mengingat Allah di waktu sunyi sehingga bercucuran air matanya

Jadi, jikalau engkau tak bisa mencintai suami atau istrimu karena apa-apa yang ia miliki, cintailah ia karena Allah. Karena engkau ingin menggenapkan imanmu kepada Allah. Karena engkau ingin meneladani sunnah Rasul-Nya. InsyaAllah semua yang kalian lakukan dan usahakan akan menjadi berkah dan pahala di sisi-Nya. Amiin.

Bandung, 13 Jumadil Awwal 1432

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar