Sabtu, 29 Januari 2011

Bunga Gurun dari Saudi Arabia

Sangatlah tidak benar jika dikatakan bahwasanya Arab Saudi adalah negara yang nyaris tanpa vegetasi dan tanah tandus belaka… Sebenarnya, kita masih bisa menjumpai daerah yang semisal dengan Indonesia di sana, yaitu di provinsi Baha dan Asir yang termasuk ke dalam daerah beriklim tropis. Pun kita dapat menjumpai puncak gunung dengan sedikit salju di atasnya pada waktu musim dingin yang ekstrim, yaitu di daerah ‘Ar’ar.
Variasi iklim tersebut, tentunya turut mewarnai keanekaragaman hayatinya, tentu saja tetap didominasi oleh nuansa iklim gurun…
Berikut ini ada beberapa jenis bunga gurun.. :))
***
Echinops sp.
Merupakan tanaman berduri, sesuai dengan nama latinnya, tingginya bisa mencapai 1 m. Foto diambil oleh Mohammad Nowfal di daerah Dirriyah, 40 km arah barat laut Riyadh.
***
Cassia italica
Kek sejenis ma tanaman kacang polong-polongan yaa… Diambil gambarnya di daerah Al Hair, Wadi Hanifah.
***
Convolvulus cephalopadus
Tingginya bisa mencapai 40 cm, nama lokalnya adalah Rakham, diambil di daerah Al Kharj, 90 km selatan dari Riyadh.
***
Convolvolus arvensis
Mempunyai kesamaan genus dengan tanaman di atas, hanya bedanya ini merupakan jenistanaman merambat. Nama lokalnya adalah Ulleq Maddad, diambil di Al Ammariyah, 15 km sebelah utara Al Dirriyah.
***
Achillea biebersteinii
Tanaman berdaun tegak, setinggi 35 cm, kemarin kujumpai juga ditanam di villa, bunganya wangi… biasanya tumbuh bergerombol. Nowfal ambil gambarnya di Ragbah, 160 km arah barat laut Riyadh.
***
Cistanche phelypaeaa
Cantik tapi…hhuuuu…. Nowfal menyebutnya tanaman parasit… :lol:   diambil di Laila al Aflaj, 265 km arah selatan Riyadh.
***
Anthemis deserti
Semacam bunga krisan, tumbuh di sekitar wadi pada saat musim semi, tingginya mencapai 20 cm… Diambil di Sha’ib Awsat 50 km barat daya Riyadh.
***
Anvillea garcini
Tumbuhan perennial (tumbuh sepanjang tahun) dengan tinggi mencapai 60 cm, berbunga pada waktu musim semi. Diambil gambarnya di Rawdat Khureem, 110 km timur laut Riyadh.
***
Dipterygium glaucum
Tumbuhan semak, berbunga kecil pada saat musim semi, terutama setelah hujan mengguyur bumi Saudi… Diambil di Sha’ib Awsat, 50 km barat daya Riyadh.
***
Teucrium oliverianum
Tumbuhan semak dengan tinggi mencapai 40 cm, tumbuh di sekitar wadi dan tanah berlumpur… Nama lokalnya adalah Qasba’a. Diambil gambarnya di Tumair 160 km timur laut Riyadh.
***
Rhazya stricta
Diambil gambarnya di Tumair, tingginya bisa mencapai 60 cm.
***
Centaurea pseudosinaica
Diambil gambarnya di Sha’ib Awsat.
***
Bunga gurun lainnya yang belum terdeteksi nama ilmiahnya:
Source: www.splendidarabia.com (Mohammad Nowfal)

http://ilikesunflower.wordpress.com/2010/02/15/keanekaragaman-flora-arab-saudi-bunga-gurun/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar