Jumat, 24 Juni 2011

Membuat letusan Gunung Berapi


Alat dan bahan yang diperlukan:
-          Tanah
-          Air cuka
-          Air jeruk
-          Kertas tisu
-          Botol
-          Soda kue
-          Air
-          Pewarna merah


Langkah kegiatan yang dilakukan
1.       Masukkan semua bahan ke dalam botol, yaitu 8 sendok makan air cuka, 4 sendok makan air jeruk, dan 4 sendok makan air.
2.       Teteskan sedikit pewarna makanan ke dalam botol.
3.       Tuang soda kue di atas kertas tisu lalu bungkus.
4.       Timbun botol dengan tanah hingga membentuk struktur seperti gunung, dengan tinggi tanah sampai bibir botol.
5.       Masukkan bungkusan soda kue ke dalam botol yang ditimbun tanah.


Apa yang terjadi?
Setelah soda kue dimasukkan ke dalam botol, akan terjadi luapan larutan warna merah yang mengalir keluar melalui mulut botol. Kondisi ini menyerupai proses keluarnya lava saat terjadi gunung meletus. Mengapa hal ini dapat terjadi? Larutan merah yang keluar dari mulut botol merupakan hasil reaksi antara air cuka, soda kue, air jeruk, dan pewarna merah. Air cuka yang ditambah air jeruk akan bereaksi terhadap soda kue sehingga mengeluarkan gelembung gas karbondioksida (CO2). Gelembung gas CO2 itu akan memaksa karutan merah keluar.


Perlu Anda ketahui
Di dalam gunung berapi terdapat pipa berukuran sangat panjang yang masuk ke perut bumi. Menurut perkiraan para ahli vulkanologi, letusan gunung berapi terjadi karena adanya lva yang sangat pekat sehingga membentuk sumbat. Ledakan hebat akan terjadi jika sumbat tersebut terdorong keluar. Selain itu, letusan gunung berapi  juga dapat terjadi karena benturan atau pemisahan lempengan magma. Saat  meletus, gunung berapi mengeluarkan beberapa material yang jenis dan jumlahnya bergantung pada komposisi magma yang ada di dalam gunung. Material yang dikeluarkan oleh gunung berapi saat meletus antara lain lava, tepra, dan gas.


Pustaka
Sudarjo, Nita, Ina Suryono. 2009. ENSIKLOPEDIA IPA Percobaan Sains . Jakarta: Lentera Abadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar