Jumat, 24 Juni 2011

Eksperimen : Melihat Dinding Air


Alat dan bahan yang diperlukan:
-          1 sendok logam
-          Keran air

Langkah kegiatan yang dilakukan:
1.       Nyalakan keran air hingga aliran air keluar sebesar jari tangan orang dewasa
2.       Pegang sendok secara terbalik, bagian bawah di atas.
3.       Taruh sendok dengan posisi terbalik tepat dibawah aliran air sehingga air yang mengalir menimpa bagian cekung dari sendok.

Apa yang terjadi?
Air tidak akan memancar ke segala arah tetapi akan membentuk lembaran tipis yang menyebar ke luar dari sendok. Mengapa ini terjadi? Molekul air bersifat polar sehingga mempunyai satu sisi bermuatan positif dan sisi lainnya bermuatan negatif . karena  muatan yang berlawanan akan saling menarik, molekul dalam setetes air akan bertindak seperti tumpukan magnet sehingga saling menempel. Saat aliran air menimpa sendok , air akan menyebar ke luar dan erlihat menempel satu sama lain, membentuk lembaran tipis. Jika aliran air diperbesar, lembaran air tersebut akan semakin melebar.

Perlu Anda ketahui
Air merupakan zat kimia yang berperan penting bagi kehidupan di muka bumi. Rumus kimia air adalah H2O, artinya satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen yang berikatan kovalen. Sifat air adalah tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau pada tekanan 100Kpa dan suhu 0˚ C (kondisi standar). Air dapat dikatakn sebagai pelarut universal karena mampu melarutkan banyak zat kimia, misalnya garam, gula, dan asam. Molekul air dapat terurai menjadi unsur-unsur asalnya dengan cara dialiri arus listrik. Proses ini disebut elektrolisis air, dan reaksi keseluruhannya dituliskan sebagai berikut:  2H2O(l) à2H2(g) + O2(g)

Pustaka
Sudarjo, Nita, Ina Suryono. 2009. ENSIKLOPEDIA IPA Percobaan Sains . Jakarta: Lentera Abadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar