Rabu, 13 Juli 2011

Cara Menyembuhkan Fobia


Walaupun terdapat banyak macam fobia, pada dasarnya aneka fobia tersebut merupakan bagian dari tiga jenis fobia (berdasarkan DSM-IV), yaitu:
1.       Fobia sederhana atau fobia spesifik
Meliputi fobia terhadap suatu objek atau keadaan tertentu, seperi fobia pada binatang, tempat gelap, ketinggian, dll.
2.       Fobia sosial
Fobia terhadap pemaparan situasi sosial, seperti takut menjadi pusat perhatian. Biasanya orang tersebut akan menghindari keramaian.
3.       Fobia kompleks
Fobia  terhadap tempat atau situasi ramai dna terbuka, misalnya tempat rekreasi, mal, kendaraan umum. Orang seperti ini bisa saja takut keluar rumah.
Berikut Cara Menyembuhkan Fobia
1.       Desensitisasi
Terapi dengan cara menghadapi ketakutan tersebut secara bertahap. Sebagai contoh, seorang anak yang takut pada ketinggian, diberikan terapi dengan memperlihatkan gambar orang sedang melakukan panjat tebing, naik gunung,atau naik jembatan penyeberangan secara bertahap. Setelah itu, anak diajak untuk melihat tangga dari jauh, kemudian mengajaknya menaiki satu per satu.
Hari berikutnya, anak dapat ditemani untuk mencapai tingkatan yang lebih tinggi. Bila anak sudah lebih berani, anak bisa mulai dilepaskan sendiri dengan tetap diawasi. Kondisi fisik anak tetap harus dipantau, seperti detak jantungnya, napasnya. Bila anak telah lebih stabil dalam menghadapi ketinggian, orangtua dapat mengajak untuk melakukan aktivitas lain yang juga berkaitan dengan ketinggian. Memang phobia yang dikarenakan pengalaman traumatis lebih sulit dihilangkan.

2.       Teknik Relaksasi
Teknik ini kini lebih dikenal dengan hipnoterapi. Teknik ini mulai digunakan untuk melakukan aneka penyembuhan psikis. Melalui relaksasi, anak diajak untukberbaring rileks dan diberikan sugesti-sugesti agar anak tenang dan nyaman bila membayangkan berada dalam situasi yang menakutkan baginya.

3.       Reframing
Penderita fobia disuruh membayangkan kembali menuju masa lampau saat permulaan si  penderita mengalami fobia. Di tempat itu dibentk suatu manusia baru yang tidak takut lagi pada fobianya.

4.       Flooding
Tergolong shock therapy. Si penderita fobia yang takut pada ruanagn tertutup dimasukkan ke dalam ruangan tersebut dalam jangak waktu lama sampai ia tidak ketakutan lagi. Namun cara ini sebaiknya dihindari , terutama bagi anak-anak karrena dapat menyebabkan anak justru menjadi traumatis dan ketakutan.

Sumber: Paras Bacaan Utama Wanita Islam No 68/Tahun VI/Juni 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar