Rabu, 17 November 2010

Jalan Meningkatkan Fungsi Otak dan Antidepresi

Jalan, Meningkatkan Fungsi Otak dan Antidepresi

eramuslim - Banyak orang belum mengetahui manfaat dari olahraga jalan. Bahkan,
jalan dinilai kurang bermanfaat dan digolongkan olahraga kelas dua. Padahal,
menurut penelitian, jalan sarat manfaatnya.
Selama ini, para pakar belum mengerti bagaimana hebatnya aktifitas fisik itu
sehingga bisa melindungi tubuh. Rahasia ini baru terbuka setelah para pakar dari
Universitas Harvard, Amerika, meneliti 70.000 wanita yang mempunyai kebiasaan
berolahraga secara teratur. Menurut pimpinan dari para peneliti Frank B.HU.MD dari
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard mengatakan, meskipun mereka
memiliki faktor-faktor risiko seperti kelebihan berat badan, kadar kolesterol tinggi,
tekanan darah tinggi atau diabetes. Tapi, jika melakukan jalan kaki selama empat
puluh menit setiap hariakan menurunkan risiko sebanyak 40%. Suatu jumlah
penurunan yang sangat signifikan.
Penelitian lain menyatakan, jalan kaki lebih lama (yaitu jalan hingga 60 menit) akan
lebih banyak pula manfaat perlindungannya. Jalan cepat selama 16 menit setiap
hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes sampai 50%. Karena itu, mulailah
melakukan jalan sekarang, meski usia anda sudah 60 tahun dan tidak pernah
berolahraga sebelumnya. Kegiatan tersebut akan anda rasakan hasilnya, yakni
merasa lebih cerdas dibanding dengan rekan seusia.
Para peneliti juga mengumpulkan 124 orang yang tidak pernah berolahraga,
mereka beusia antara 60-75 tahun, dibagi dalam dua grup. Satu grup diberi latihan
jalan cepat 3 hari dalam seminggu (secara bertahap dari 15 sampai 45 menit).
Sedangkan grup yang lain melakukan latihan-latihan peregangan dan
mengecangkan otot selama satu jam, tiga kali dalam seminggu. Setelah berlatih
selama 6 bulan, grup yang berlatih jalan cepat mengalami peningkatan secara
mencolok nilai-nilai yang diperoleh dari tugas-tugas dengan komputer. Sedangkan
grup yang hanya melakukan senam dan peregangan tidak mengalami perbaikan
nilai.
Berdasarkan penelitian, bagian otak yang bertugas mengatur berbagai macam
tugas dan mengatur memori ada kecenderungan menurun lebih dulu. tetapi
olahraga jalan meningkatkan aliran oksigen ke otak, sehingga dapat
memperlambat penurunan ini. Olahraga jalan sebanyak 3 hari dalam seminggu
dapat meningkatkan 15 persen fungsi mental. Hal ini sangat berarti bagi kehidupan
manusia. Apalagi, waktu yang dibutuhkan untuk latihan ini sangat singkat.
Olahraga, termasuk jalan kaki dapat bermanfaat sebagai obat. Mereka yang
teratur melakukan olahraga lebih jarang mengalami depresi. Berdasarkan
penelitian yang baru-baru ini dilakukan, diketahui bahwa sekali latihan atau jalan
kaki selama 30 menit dan berlatih selama 3 kali seminggu, ternyata dapat
menyembuhkan depresi dan bermanfaat sebagai pengganti obat-obatan.
Sewaktu diadakan penelitian terhadap 156 penderita depresi, yang berusia antara
40-56 tahun, yang sedang menjalani terapi dengan memberi obat antidepresi, jalan
kaki, atau kombinasi antara keduanya, ternyata semuanya memberikan hasil yang
sama. Bagi mereka yang ingin menghindari efek samping dari obat-obatan, ada
cara ilmiah yang mudah dan murah, yaitu jalan kaki. Tentu saja untuk mencapai
tujuan ini latihanya harus teratur dan teratur takarannya. (to/snr)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar